RENCANA
PEMBELAJARAN TEMATIK
NAMA SEKOLAH : ...........................
TEMA :
PERTANIAN
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)/2 (Dua)
ALOKASI WAKTU : 3 MINGGU
A. STANDAR
KOMPETENSI
I. PKN
4. Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
II. IPS
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
III. IPA
4. Memahami berbagai cara gerak benda,
hubungannya dengan energi dan sumber
IV. Matematika
3. Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya
dalam pemecahan masalah
V. Bahasa
Indonesia
5. Memahami cerita dan teks drama anak yang
dilisankan
6. Menguangkapkan pikiran, perasaan dan
pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7. Memahami teks dengan membaca intensif (150 –
200 kata) dan membaca puisi
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi
dalam karangan sederhana dan puisi
B. KOMPETENSI
DASAR
PKN
|
:
|
4.1
|
Mengenal
kekhasan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan.
|
IPS
|
:
|
2.2
|
Memahami
pentingnya semangat kerja
|
IPA
|
:
|
4.2
4.3
5.2
|
Mendeskripsikan
hasil pengamatan tentang pengaruh energi angin dapat diubah menjadi energi
gerak
Mengidentifikasi
sumber energi dan kegunaannya
Menerapkan
cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
|
Matematika
|
:
|
3.1
|
Mengenal
pecahan sederhana
|
Bahasa
Indonesia
|
:
|
5.1
|
Memberikan
tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya
|
5.2
6.2
7.1
8.1
|
Menirukan
dialog dengan eksperimen yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang
didengarnya
Menceritakan
peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
Menjawab
dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata)
yang dibaca secara intensif.
Menulis
karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan
kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan
tanda titik
|
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN**
PKN
|
:
|
§ Siswa dapat mendeskripsikan letak
geografis Indonesia
§ Siswa dapat menyebutkan hasil hutan dan
manfaatnya
§ Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis
hutan dan tujuannya
§ Siswa menyebutkan jenis-jenis bahan
tambang
§ Siswa dapat menyebutkan hasil laut
§ Siswa dapat menyebutkan manfaat sungai
§ Siswa dapat menyebutkan tanaman palawija
yang bisa ditanam di Indonesia
|
IPS
|
:
|
§ Siswa dapat menjelaskan pentingnya
semangat kerja
§ Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri orang
yang memiliki semangat kerja
§ Siswa dapat menjelaskan alasan orang
harus bekerja
|
IPA
|
:
|
§ Siswa dapat menyebutkan pengertian angin
§ Siswa dapat menunjukkan adanya energi
berdasarkan pengamatan
§ Siswa dapat menebutkan benda-benda yang
dapat bergerak oleh angin
§ Siswa dapat membuat daftar sumber-sumber
energi yang terdapat di sekitar kita
§ Siswa dapat menjelaskan tujuan
penggunaan sumber energi
§ Siswa dapat menjelaskan angin untuk
menggerakkan benda-benda
|
Matematika
|
:
|
§ Siswa dapat membuktikan pecahan 1/2, 1/4
§ Siswa dapt membuktikan pecahan 1/3, 1/6
§ Siswa dapat menulis lambang pecahan 1/2,
1/4
§ Siswa dapat membilang pecahan dengan
lambang 1/2. 1/4
§ Siswa dapat menulis lambang pecahan 1/3,
1/6
§ Siswa dapat membaca lambang pecahan 1/3,
1/6
§ Siswa dapat menyajikan nilai
pecahan dengan menggunakan berbagai
bentuk gambar
|
Bahasa
Indonesia
|
:
|
§ Siswa dapat mendengarkan penjelasan
tentang petunjuk melakukan sesuatu
§ Siswa dapat melakukan percakapan dari
penggalan teks drama yang dibacakan teman
§ Siswa dapat menceritakan kembali bencana
alam yang dilihat di televisi
§ Siswa dapat menceritakan kembali bencana
alam yang dibacanya dari media cetak
§ Siswa dapat membacakan bacaan agak
panjang secara intensif
§ Siswa dapat membuat karangan sendiri
dengan bantuan gambar
§ Siswa dapat menulis kalimat berita
§ Siswa dapat memilih kalimat berita
§ Siswa dapat menulis pokok-pokok pikiran
dalam bacaan
§ Siswa dapat menyatakan pendapat terhadap
suatu pernyataan
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. MATERI
POKOK
1. PKn
§
Kekayaan alam Indonesia
§
Harga diri
§
Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
2. IPS
§ Jenis-jenis
pekerjaan
§ Semangat kerja
§ Jual beli
§ Uang
§ Pengelolaan uang
3. IPA
§ Energi
§ Gerak benda
§ Kenampakan
permukaan bumi
§ Cuaca
§ Pengaruh Cuaca
terhadap kehidupan
§ Kelestarikan dan
pemeliharaan alam
4. Matematika
§ Pecahan
§ Bangun datar
§ Sudur
§ Persegi dan
persegi panjang
5. Bahasa
Indonesia
§ Menanggapi
cerita
§ Menirukan dialog
§ Menceritakan
peristiwa
§ Percakapan
§ Menjawab
pertanyaan
§ Menulis karangan
III. METODE
PEMBELAJARAN
1. Informasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Demonstrasi
5. Pemberian Tugas
IV. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
Apresepsi:
F Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar,
model dan alat peraga.
F Memotivasi siswa untuk mengeluarkan
pendapat.
F Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
B. Kegiatan Inti
Minggu I :
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit ( IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Siswa melakukan pengamatan terhadap angin yang
dihasilkan oleh kipas angin.
F Siswa menjelaskan bahwa angin
memiliki energi
F Siswa menjelaskan bahwa angin dapat
menimbulkan energi gerak
PKN
F Siswa menjelaskan pengaruh letak geografis
Indonesia terhadap kekayaan alam
F Siswa diminta menyebutkan 1 contoh
kekayaan alam yang berupa hasil hutan
F Siswa menjelaskan jenis-jenis hutan
beserta fungsinya
F Siswa tanya jawab mengenai fungsi hutan
F Siswa menjelasakan akibat dari penebangan
pohon secara liar
F Siswa menjelaskan tanah mengandung
bahan-bahan tambang yang berguna bagi manusia
F Siswa menjelaskan penggolongan bahan
tambang
Matematika
F Siswa dapat membuktikan pecahan 1/2, 1/4
F Siswa dapat membuktikab pecahan
1/3, 1/6
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Setelah mendengarkan penjelasan petunjuk melakukan
sesuatu
F Siswa mencatat pokok-pokok penjelasan
F Siswa meringkas penjelasan yang
didengar
IPS
F Guru memberi pertanyaan kepada siswa
tentang pekerjaan orang tua, untuk apa orangtua bekerja
F Guru menjelaskan pentingnya suatu
keeterampilan agar mudah mendapat pekerjaan
F Guru menjelaskan pentingnya orang
memiliki semangat kerja
Matematika
F Guru memberi contoh cara menulis
lambang pecahan 1/2, 1/4
F Guru bersama siswa membaca lambang
pecahan 1/2, 1/4
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonsia
F Guru memberi tugas kepada siswa
untuk mencatat berita tentang bencana alam yang didengar
F Siswa menceritakan kembali tentang bencana
alam yang dilihat di televisi
Matematika
F Guru memberi contoh menulis lambang pecahan
1/3, 1/6
F Guru bersama siswa membaca lambang
pecahan 1/3, 1/6
IPA
F Guru menjelaskan angin memiliki energi untuk
menggerakkan band-benda]
F Siswa memberi contoh benda-benda
yang dapat digerakkan oleh angin.
ý Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F Guru memberi contoh cara membaca yang baik dan
benar
F Siswa disuruh membaca bacaan yang
agak panjang dengan huruf intensif (seorang-seorang)
IPS
F Guru menjelaskan pentingnya seseorang memiliki
semangat kerja
F Siswa menjelaskan akibat dari tidak
memiliki semangat kerja
Minggu II
ý Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Guru bertenya jawab dengan siswa tentang
manfaat angin
F Guru menjelaskan selain angin bermanfaat, angin juga
merugikan
F Siswa memberi salah satu
contoh angin yang merugikan
PKn
F Guru bercerita tentang kehidupan di pantai
F Siswa menarik kesimpulan dari cerita itu tentang apa
yang dihasilkan laut, bagaimana memelihara kekayaan laut
Matematika
F Guru memberikan contoh tentang menentukan
nilai pecahan melalui gambar
F Siswa menentukan nilai
pecahan melalui gambar
ý Pertemuan kedua : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru memberikan 3 buah gambar secara acak
F Siswa mengurutkan 3 buah gambar
F Siswa menyusun karngan berdasarakan gambar
tersebut
F Siswa menulis kalimat berita dengan benara
F Siswa memilih kalimat berita dengan
benar
IPS
F Guru menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki
semangat kerja
F Siswa menarik kesimpulan dari
ciri-ciri orang memiliki semangat kerja
Matematika
F Guru memberikan contoh tentang cara menentukan
pecahan melalui gambar
F Siswa menentukan nilai pecahan
melalui gambar
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru memberikan sebuah teks bacaan
F Siswa dapat menyebutkan
pokok-pokok pikiran dalam bacaan tersebut.
Matematika
F Guru memberikan gambar-gambar yang sudah
ada nilai pecahannya
F Siswa disuruh mewarnai gambar
tersebut sesuai dengan nilai pecahannya
IPA
F Guru memberi contoh kalau siang hari
panas, jemuran bisa kering. Mengapa pakaian basah bisa kering, dari mana
sumbernya?
F Siswa memberi contoh yang lain berkaitan
dengan sumber energi
F Siswa menyimpulkan apa yang dimaksud
dengan energi berdasarakan contoh yang diberikan
ý Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
B. Indonesia
F Guru memberi tugas kepada siswa untuk
mencari atau menulis berita yang dibacanya dari media cetak
F Siswa sendiri-sendiri dapat menceritakan
kembali tentang bencana alam yang ditulisnya dari media cetak
IPS
F Siswa menyebutkan ciri-ciri orang yang
jujur
F Siswa menyebutkan manfaat
kejujuran
Minggu III
ý Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Guru memberikan contoh : Ibu sedang memasak di
dapur menggunakan kompor minyak tanah.
F Siswa memberikan contoh-contoh yang lain
yang berkaitan dengan sumber energi dan pemanfaatannya
PKn
F Guru menjelaskan hasil-hasil kekayaan sungai
F Guru menjelaskan maksud tanaman palawija
F Siswa menyebutkan tanaman palawija yang
biasa ditanam di Indonesia
Matematika
F Guru memebrikan gambar-gambar tersebut
sesuai dengan pecahannya
F Siswa diminta mewarnai gambar
tersebut sesuai dengan nilai pecahannya
ý Pertemuan II : 6 x 36 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru memberikan sebuah gambar
F Siswa membuat karangan
sendiri sesuai dengan gambar yang dilihatnya
IPS
F Guru memberikan ilustrasi bagaimana akibatnya
orang yang tidak jujur dalam bekerja
F Siswa menyebutkan ciri-ciri
orang yang jujur
Matematika
F Siswa membuat
gambar sesuai dengan nilai pecahannya
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru membagi kelompok sesuai dengan jumlah
peran yang ada di teks drama
F Tiap kelompok melakukan
percakapan sesuai dengan teks drama yang dibacanya
Matematika
F Guru memberikan gambar-gambar sudah ada
nilai pecahannya
F Siswa diminta mewarnai gambar tersebut
sesuai nilai pecahannya
F Siswa membuat gambar sesuai
dengan nilai pecahannya
IPA
F Guru menjelaskan alasan perlunya berhemat
energi
F Siswa memberikan contoh penghematan energi dalam
kehidupan sehari-hari
ý Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F Guru memberikan contoh suatu pernyataan,
kemudian memberikan tanggapan terhadapan pernyataan tersebut
F Siswa diberi tugas untuk mengemukakan
pendapat secara tertulis terhadap suatu penyataan.
IPS
F Guru bertanya jawab dengan siswa tentang
ciri-ciri orang yang jujur
F Siswa mengemukakan keuntungan orang yang
memiliki sifat jujur dalam kehidupan sehari-hari
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi
yang diajarkan
F Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi
yang belum dipahami, guru menjawabnya
F Siswa mengerjakan tugas-tugas yang
diberikan guru
F Guru memeriksa dan membahas pekerjaan
siswa
F Guru dan siswa menyimpulkan materi yang
diajarkan
V. ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
A. Sumber Belajar :
1. Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
2. Buku IPA
3. Buku Matematika
4. Buku Bahasa Indonesia
5. Buku IPS
6. Ensiklopedia
7. Kamus Bahasa Indonesia
8. Pedoman EYD
9. Koran dan Majalah
10. Media elektronik
B. Alat Peraga:
1. Gambar-gambar
baju daerah
2. Gambar-gambar
rumah ibadah
3. Gambar-gambar
rumah adat
4. Kompas
5. Kincir
angin
6. Globe
7. Uang kartal dan uang giral
7. Uang kartal dan uang giral
8. Tabel
perbelanjaan
9. Puisi
10. Drama
11. Bangun
datar
12. Busur
derajat
VI. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
PKN:
· Menyebutkan kekayaan alam hasil hutan
· Menyebutkan manfaat sungai
· Menyebutkan tanaman palawija yang
ditanam di Indonesia
· Mengidentifikasi hasil laut
IPS :
· Menjelaskan alasan orang harus bekerja
· Menjelaskan pentingnya memiliki semangat
kerja
· Menjelaskan ciri-ciri orang yang
memiliki semangat kerja
Bahasa Indonesia :
· Mendengarkan pembacaan teks berisi
petunjuk melakukan sesuatu
· Melakukan percakapan dari penggalan teks
drama yang dibacakan teman
· Menceritakan kembali bencana alam yang
dilihat di televisi
· Menceritakan kembali bencana alam yang
dibacanya di media cetak
· Membaca bacaan agak panjang secara
intensif
· Membuat karangan dari pikiran sendiri
dengan bantuan gambar
· Menulis kalimat berita
· Memilih kalimat berita
· Menulis pokok-pokok pikiran dalam bacaan
· Menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan
IPA :
· Menyebutkan pengertian angin
· Menunjukkan pengertian angin
· Menunjukkan adanya energi berdasarkan
pengamatan
· Menyebutkan benda-benda yang dapat
bergerak oleh angin
· Membuat daftar sumber-sumber energi yang
terdapat di sekitar kita
· Menjelaskan tujuan penggunaan sumber
energi
· Menjelaskan angin untuk menggerakkan
benda-benda
Matematika :
· Membuktikan pecahan-pecahan setengah,
seperempat
· Membuktikan pecahan-pecahan sepertiga,
seperenam
· Menulis lambang pecahan setengah,
seperempat
· Menulis lambang pecahan sepertiga,
seperenam
· Membaca bilangan pecahan setengah,
seperempat
· Membaca lambang pecahan sepertiga,
seperenam
·
Menyajikan
nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
PKN:
· Sebutkan kekayaan alam hasil hutan
· Sebutkan manfaat sungai
· Sebutkan tanaman palawija yang ditanam
di Indonesia
· Jelaskanlah hasil laut
IPS :
· Jelaskanlah alasan orang harus bekerja
· Jelaskanlah pentingnya memiliki semangat
kerja
· Jelaskanlah ciri-ciri orang yang
memiliki semangat kerja
Bahasa Indonesia :
· Jelaskanlah teks berisi petunjuk
melakukan sesuatu
· Jelaskanlah cara melakukan percakapan
dari penggalan teks drama yang dibacakan teman
· Ceritakan kembali bencana alam yang
dilihat di televisi
· Ceritakan kembali bencana alam yang
dibacanya di media cetak
· Bacakanlah bacaan agak panjang secara
intensif
· Buatkanlah karangan dari pikiran sendiri
dengan bantuan gambar
· Tuliskanlah kalimat berita
· Pilihkanlah kalimat berita
· Tuliskanlah pokok-pokok pikiran dalam
bacaan
· Jelaskanlah pendapat terhadap suatu pernyataan
IPA :
· Sebutkan pengertian angin
· Tunjukkan pengertian angin
· Tunjukkan adanya energi berdasarkan
pengamatan
· Sebutkan benda-benda yang dapat bergerak
oleh angin
· Buatkanlah daftar sumber-sumber energi
yang terdapat di sekitar kita
· Jelaskanlah tujuan penggunaan sumber
energi
· Jelaskanlah angin untuk menggerakkan
benda-benda
Matematika :
· Buktikan pecahan-pecahan setengah,
seperempat
· Buktikan pecahan-pecahan sepertiga,
seperenam
· Tuliskanlah lambang pecahan setengah,
seperempat
· Tuliskanlah lambang pecahan sepertiga,
seperenam
· Bacakanlah bilangan pecahan setengah,
seperempat
· Bacakanlah lambang pecahan sepertiga,
seperenam
· Jelaskanlah nilai pecahan dengan
menggunakan berbagai bentuk gambar
· LKS
· Lmbar observasi.
|
v Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….
( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………
|
……...., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas III
( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………
|
0 komentar:
Posting Komentar