RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SDN Jleper 2
Tema
: Kegiatan
Alokasi
waktu : 2 x 35 (1 x pertemuan)
Hari/tanggal :
A.
Standar
kompetensi
I. IPS
-
Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan
uang
II. IPA
-
Memahami kenampakkan bumi cuaca dan pengaruhnya
bagi manusia serta hubunganya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan
alam
B.
Kompetensi
Dasar
I. IPS
1.3 mengidentifikasi jenis – jenis pekerjaan yang
menghasilkan barang
II. IPA
6.4 Mengidentifikasi cara manusia dalam
memelihara alam, lingkungan sekitar
C.
Indikator
I. IPS
-
Menyebutkan jenis – jenis pekerjaan yang
menghasilkan barang
II. IPA
-
Menyebutkan kegunaan sumber daya alam
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
pembelajaran selesai siswa dapat :
§ menyebutkan
jenis – jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
§ membuat
daftar jenis – jenis pekerjaan
§ menyebutkan
produk hasil yang dihasilkan dari jenis – jenis pekerjaan yang menghasilkan
barang
§ menyebutkan
2 sumber daya alam
§ menjelaskan
kegunaan sumber daya alam
E.
Materi
IPS
§ jenis
– jenis pekerjaan
IPA
§ Sumber
daya alam
F.
Metode
Pembelajar
§ Diskusi
informasi (ceramah)
§ Penugasan
§ Tanya
jawab
§ Diskusi
G.
Langkah
– Langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan
Awal (5 menit)
1. Berdo’a,
mengabsen siswa, mempersiapkan matari ajar, model dan alat peraga
2. Informasi
Menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan disampaikan
3. Motivasi
4. Apersepsi
a. Siapa
yang membuat kursi dan meja belajarmu ?
b. Terbuat
dari apakah meja belajarmu ?
c. Alat
apa saja yang digunakan untuk membuat meja ?
B.
Kegiatan Inti
(40 menit)
Ø Eksplorasi
·
Guru meminta siswa mengamati gambar
orang bekerja disawah, nelayan, peternak
·
Menjelaskan jenis – jenis pekerjaan dan
kekayaan alam
Ø Elaborasi
·
Siswa dapat membuat daftar jenis – jenis
pekerjaan yang menghasilkan barang
·
Siswa berdiskusi mengerjakan tugas membuat
laporan hasil diskusi secara tertulis
·
Siswa bersama guru membahas diskusi
kelompok teknisnya bias presentasi untuk
kerja/ pembahasan umum
Ø Konfirmasi
·
Bertanya tentang hal – hal yang belum
diketahui siswa
·
Memberikan motivasi kepada siswa yang
kurang / belum berperan aktif dalam proses pembelajaran
C.
Kegiatan
akhir (20 menit)]
-
Pelaksanaan evaluasi
-
Analisa hasil evaluasi
-
Mengadakan tindak lanjut n
D. Kegiatan
tindak lanjut (5 menit)
H.
Alat
Dan Sumber Belajar
A. Sumber
Belajar
·
Buku IPS Kelas III Asy’ Ari dkk penerbit
Erlangga
·
Buku IPA Kelas III Asy’ Ari dkk penerbit
Erlangga
B. Alat
Peraga
·
Gambar Petani
·
Nelayan
·
Peternak
I.
Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
·
Membaca cerita
·
Menjawab pertanyaan
·
Menulis Kesimpulan isi cerita
|
Tes
Lisan
Tes
Penulis
|
Uraian
Isian
|
Terlampir
|
·
Tes dalam proses : Tes diskusi (LKK terlampir)
·
Tes terakhir : Tes formatif
§ Prosedur
penilaian : Terlampir
§ Skor
Penilaian : Terlampir
Jleper, Maret 2014
Mengetahui
Supervisor II Mahasiswa
Kepala Sekolah
DWI
SULISTIOWATI,S.Pd EKA ARINA LUTFIANI
NIP.19570819
197701 2 003 NIM. 822105175
RINGKASAN MATERI
Materi
: IPS dan IPA
Kelas/Semesteran
: III/II
Dalam
kehidupan sehari – hari, setiap orang mempunyai kebutuhan berbeda – beda.
Kebutuhan – kebutuhan itu ada yang bersifat harus segera dipenuhi dan ada pula
yang bersifat ditunda. Namun demikian, kedua macam kebutuhan itu sama – sama
menuntut agar dipenuhi. Untuk memenuhi ebutuhannya, setiap orang harus bekerja.
Untuk itu, orang dapat melakukan pekerjaan apa saja, asalkan halal.
Kebutuhan
hidup yang harus dipenuhi disebut kebutuhan pokok. Makan, minum, rumah, dan
pakaian (sandang) termasuk kebutuhan
pokok yang harus dipenuhi.
Kebutuhan
yang tidak pokok antara lain berupa kebutuhan akan telivisi, radio, tape,
sepeda motor dan video. Kebutuhan macam ini sering disebut kebuthan pelengkap
rumah tangga. Kedua macam kedua tersebut, yakni kebuthan pokok dan pelengkap,
bias dipenuhi bila kita ikut kerja. Karena, dengan bekerja kita bisa
mendapatkan uang untuk membelinya.
Ada
banyak jenis pekerjaan yang dapat kita jumpai setiap hari. Disekitar rumah kita
dapat bertemu tukang sayur, tukang sampah, satpam, pembantu dll. Disekolah kamu
dapat bertemu dengan guru penjaga sekolah, kepala sekolah dan penjaga kantin.
Dijalan, kamu juga bertemu dengan polisi, angkutan umum dll. Jika kamu pergi
kerumah sakit, pekerjaan apa yang kamu lihat ?
setiap pekerjaan memiliki tugas masing – masing dan setiap pekerjaan
memiliki tanggung jawab sendiri – sendiri.
Dokter
bertugas merawat orang sakit, pekerjaan dokter itu berat ia harus berhati –
hati agar orang yang dirawat tambah sakit.
Ada
banyak jenis pekerjaan yang kita jumpai misalnya dokter, petani, gurum tukang,
sayur, nelayan dll. Dokter nertugas merawat orang sakit, petani mengolah tanah
menanam padi hasulnya untuk memenuhi kebutuhan
pangan, dan nelayan mencari ikan dilaut.
JENIS
– JENIS SUMBER DAYA ALAM
Dibumi Indonesia kaya akan berbagai
sumber daya alam misalnya ada air, hewan dan tumbuhan. Jenus – jenis alam
tersebut akan bermanfaat bagi manusia seperti udara bermanfaat bagi manusia
untuk bernafas, aur bermanfaat untuk kehidupan manusia, tumbuhan dan hewan.
Tumbuhan bermanfat kehidupan dan hewan – hewan untuk mencukupi kebutuuhan
manusia.
LEMBAR KERJA SISWA
Tema :
Kegiatan
Kelas/semester : III/II
Hari/Tanggal :
Kerjakan
soal dibawah dengan benar !
1. Coba
sebutkan kebutuhan yang tudak pokok !
2. Sebutkan
jenis pekerjaan apa saja yang dapat kita jumpai ?
3. Di bumi Indonesia kaya akan berbagai sumber
daya alam misalnya :
a. Air
bermanfaat untuk :….
b. Udara
bermanfaat untuk :….
c. Tumbuhkan
bermanfaat untuk :….
d. Hewan
bermanfaat untuk :….
Jawablah
pertanyaan A – D ?
Nama
:
No.Absen :
LEMBARA KERJA FORMATIF
Isilah
pertanyaan dibawah ini dengan jawaban yang benar !
1. Orang
yang pekerjaannya mengolah tanh, memilih bibit unggul, menanam, memanen
disebut….
2. Kebutuhan
hidup sehari – hari di sebut kebutuhan !
3. Sebutkan
3 kebutuhan tidak pokok …..
4. Nelayan
biasa keluar pada waktu …..
5. Tugas
seorang dokter adalah ?
6. Sebutkan
jenis – jenis pekerjaan yang dapat kita jumpai !
7. Air
termasuk kekayaan alam yang ?
8. Manfaat
air adalah ….
9. Sumber
daya alam sangat bermanfaat bagi …
10. Manfaat
tumbuhan adalah ! ….
KUNCI JAWABAN
(LEBAR KERJA SISWA)
1. Televisi,
radio, tape, sepeda montor, mobil dan video
2. Dokter,
guru, petani, tukang sayur dan nelayan
3. – Air bermanfaat : untuk kehidupan manusia
-
Udara
bermanfaat bagi manusia untuk bernafas
-
Tumbuhan bermanfaat untuk kehidupan
manusia dan hewan
-
Hewan bermanfaat untuk mencukupi
kebutuhan hidup manusia.
(TES
FORMATIF)
1. Petani
2. Kebutuhan
pokok
3. Televisi,
radio, tape dan sepeda montor
4. Malam
hari
5. Merawat
orang sakit
6. Tukang
sayur, pembantu dan satpam
7. Yang
dapat di perbaharui
8. PLTA,
mencuci dan pengairan
9. Kehidupan
manusia
10. Untuk
kehidupan manusia dan hewan
PROSEDUR
PENILAIAN
PRODUK
(HASIL DISKUSI)
No.
|
Aspek
|
kriteria
|
Skor
1.
|
1.
|
Konsep
|
·
Semua benar
·
Sebagian besar benar
·
Sebagian kecil benar
·
Semua salah
|
4
3
2
1
|
Soal
nomor 1 sampai 10, jawaban benar nilai 1
Jumlah
nilai maksimal 10
|
Nama
:
No.Absen
:
LEMBAR
PERBAIKAN
Isilah pertanyaan di
bawah ini dengan jawaban yang benar !
1. Orang
yang pekerjanya mengola tanah, memilih bibit unggul, menanam memanen disebut ….
2. Kebutuhan
hidup sehari – hari di sebut kebutuhan ! ….
3. Sebutkan
3 kebutuhan tidak pokok ….
4. Nelayan
biasa keluar pada waktu …
5. Tugas
seorang dokter adalah ? ….
6. Sebutkan
jenis – jenis pekerjaan yang dapat kita jumpai
! ….
7. Air
termasuk kekayaan alam yang ? ….
8. Manfaat
air adalah ….
9. Sumber
daya alam sangat bermanfaat bagi ….
10. Manfaat
tumbuhan adalah !....
Kunci Jawaban berbaikan
1. Petani
2. Kebutuhan
pokok
3. Televise,
radio, dan sepeda montor
4. Malam
hari
5. Merawat
orang sakit
6. Tukang
sayur, pembantu, dan satpam
7. Yang
dapat di perbaharui
8. PLTA,
Mencuci dan pengairan
9. Kehidupan
manusia
10. Untuk
kehidupan manusia dan hewan
Nilai = (Jumlah skor
maksimal) x 10
0 komentar:
Posting Komentar